Sabtu, 02 Mei 2009

wew.... semesteran

Wew, ngga nyangka ni uda mo semesteran... Ni ada resep2 gimana biar ngadepin tantangan2 qt di skul....

  • Pas sehari sebelum pelajaran, usahain punya waktu min 10 menit aja buat ngulang materi yang udah didapet sebelumnya dan belajar buat materi berikutnya. Hal ini buat kamu gampang nangkep apa yang diterangin guru besoknya dan nggak gampang lupa ama apa yang udah didapet.
  • Konsentrasi pas diterangin guru. Wah ini penting banget lho. Kalau kamu udah konsentrasi di kelas, pas kamu belajar lagi buat ulangan pasti lebih gampang nyantolnya jadi ngga gitu ngoyo belajar sebelum ulangan.
  • Beberapa temen juga merekomendasikan buat nulis materi ulang baik dikomputer atau di tulis tangan. Soalnya, ini ngembangin cara belajar kamu yang bagus dii motorik atau gerakan. Except it, klo kita nulis ulang berarti kita membaca lagi donk. Klo membaca lagi pasti materi pelajaran itu jadi tersimpan di otak buat jangka waktu yang lama. Lebih bagus lagi kalo kamu membaca lagi apa yang udah kamu tulis. Eh, bisa juga membaca 6 x biar masuk ke bawah sadar. Dijamin deh, susah lupanya…
  • Ngajarin temen bagus juga lho… Cara ini buat kita jadi ngulang pelajaran yang udah didapet dan nge-share buat orang lain or temen2 kita. So, kita cenderung lebih inget dan lebih paham soal materi itu. And nilai plusnya ,kamu juga bisa jadi berkat bagi orang lain. Asal jangan ngajarin pas lagi ulangan aja, itu mah ngga bener jadinya.
  • Rekam suara kamu yang sedang membaca pelajaran atau materi buat ulangan. Lalu ulang-ulang terus setiap hari, sehingga kamu bisa mengingatnya dengan jelas. Cara ini bagus banget buat kamu yang cocok ama cara belajar dengan media audio. Pas ulangan, jadi enteng belajarnya.
  • SKS alias Sistem Kebut Semalam? Nggak banget deh… Usahain hindari SKS, karena klo kamu maksa belajar dengan extra hard malemnya, badan kamu besoknya jadi nggak fit buat ngadepin ulangan. Materi buat ulangan baiknya dicicil per hari pake cara-cara diatas. Kerugian SKS yang lain, kamu mungkin bisa inget besoknya pas ulangan, tapi pas test semester-an kamu bakal udah lupa materi itu. Jadi materi yang usdah dipelajari pas SKS nggak akal tahan lama.
  • Pilih waktu yang bagus buat belajar. Kamu pasti punya waktu belajar yang berbeda kan masing-masing. Kalau kamu udah nyaman ama waktu blajar itu, ya udah lakuin aja danjadiin waktu itu buat rutinitas. Tapi disaranin banget buat belajar pas badan masih segar kaya abis mandi sore sebelum makan malam dan beberapa jam sesudahnya atau ngulang lagi pas bangun pagi-pagi. Coz badan segar bikin proses belajar makin cepat, jadi kita ngga perlu belajar sampai larut dan terlalu capek malamnya. Esok pagi saat mengerjakan badan menjadi lebih fit dan ingatan lebih segar buat ngerjain ulangan.
  • Selain pilih waktu, kita juga pilih tempat belajar yang tenang. Usahain buat belajar di tempat yang nyaman buat belajar, kayak meja belajar. Jauhin tempat itu dari segala hal yang bisa menggangu konsenterasi kita kaya HP, TV, Radio, majalah, novel, cemilan, etc. Jangan belajar di tempat yang terlalu nyaman kaya tempat tidur ya, soalnya kita jadi lebih gampang ngantuk dan bobo sebelum kita selesai belajar…
  • Buat jadwal belajar dan target rencana belajar. Jadwal penting untuk mengingatkan kita kapan akan ulangan, kapan harus menyelesaikan pr, kapan ada tugas. Dengan menjadwal kita juga mencoba belajar tertib dan teratur. Klo target rencana belajar ituberkaitan dengan jadwal belajar. Misalnya minggu depan ulangan biologi Avertebrata, karena bahannya banyak coba belajar dengan one by one. Hari ini porifera dan coelenterate, besoknya plathyhelminthes, lau nemathelminthes, dst. Sampai selesai. Jadi minggu depan sehari sebelum ulangan kita tinggal mengulanginya.
  • Buat kamu yang suka music, boleh juga mendengarkan sambil mendengarkan music. Lebih bagus lagi klo pilih music yang tenang tetapi mengugah semangat buat belajar. Musik klasik kaya Beethoven dan Mozart disaranin buat nemenin kamu belajar ilmu-ilmu pasti, kaya matematika, kimia dan fisika atau bahasa asing. Ilmu-ilmu pasti kaya gitu disarani buat belajar dengan langsung nerapin ke soal-soal yang udah dikasih guru dan bukan focus ke rumus aja. Jadi stamina belajarmu pas latihan soal bisa meningkat dan penuh semangat. Selain itu mendengarkan music bisa melatih otak kanan dan menyimbangkannya dengan otak kiri. Otak kiri itu yang menunjang kemampuan akademis kita sedangkan otak kanan itu yang menunjang seni, kreativitas, dan emotional kita. Klo kedua otak kita seimbang, kita bisa maksimalin kemampuan kita termasuk dalam hal belajar.
  • Jangan lupa istirahat. Istirahat itu penting banget lho… Klo badan capek pasti bakal lebih susah konsennya. Ada
  • sebagian orang yang menyarankan buat libur dari kegiatan fisik kaya OR pas sehari sebelum ujian yang penting. Jadi kita belajar dengan badan yang bener-bener segar. Pas belajar boleh juga istirahat tiap 30-45 menit buat berdiri or berjalan keliling ruangan. Hal ini membuat otot-otot kita tetap segar dan mencegah kebosanan kita. Kita juga nggak boleh stress pas sebelum test. Hal ini bisa ngebuat tubuh kita terganggu dan belajar jadi nggak nyaman lagi.Jadi istirahatlah selalu…
  • Terakhir dan yang terpenting, jangan lupa bedoa sebelum belajar. Doa bisa menjadi kekuatan kita buat ngadepin pelajaran-pelajaran yang sulit dan masalah-masalah hidup kita yang lain. Yakin aja kalau Tuhan udah beserta kita, kita pasti bisa… Doa bikin kita takut ama Tuhan dan ngejauhin kita dari kecurangan-kecurangan kayak nyontek di kelas. Sedikit saran juga nih, baiknya kita doa bareng ayah or ibu or saudara or teman kita. Karena ni, Tuhan bilang klo 2 3 orang berkumpul dalam nama-Nya dan sepakat apa yang diminta bisa kita capai, dan nggak kecuali urusan pelajaran.

Tuhan bisa jadi motivasi kita buat lebih baek lagi belajar dan berperilaku, biar kita bisa jadi terang dan garam dunia buat teman-teman kita dan buat ngebanggain ortu kita. Motivasi yang kuat bisa ngebantu banget dalam wujudin apa yang kita pengen.

Yakin aja kalau kamu pasti bisa buat lebih baek dalam pelajaran. Sebagai pelaja prestasi emang penting. Tapi inget prestasi bukan satu-satunya yang kamu kejar di dunia ini. Prestasi juga nggak njamin kesuksesan kamu di masa depan. Masih banyak hal yang bisa kamu raih dan kamu usahain. Asal kamu yakin bisa dan percaya, kamu akan mendapatnya. God Bless you…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar