Sabtu, 02 Mei 2009

THINK +

Banyak banget orang yang bilang “Think positive”. Tapi sayangnya seingkali kalimat seperti itu tidak kita anggap terlalu serius atau malah sejujurnya kita kadang nggak terlalu mengerti gimana sih berpikir positif itu.

Berpikir posItif itu bukan hanya sekedar lari dan menentramkan hati dari kenyataan yang ada. Berpikir positif itu bukan cuma menyangkali apa yang telah terjadi dan berandai-andai yang lebih baik. Namun lebih dari itu, berpikir positif adalah soal mengubah cara pandang kita. Berpikir positif itu adalah bagaimana cara kita memandang hidup sebagai sebuah anugerah da menjadikannya lebih baik, memandang masalah yang ada bukan sebagai beban namun sebagai sebuah tantangan untuk kehidupan lebih baik. Berpikir positif itu juga seringkali menyangkut soal keoptimisan kita, soal cara kita bersikap, soal reaksi kita terhadap masalah yang ada, soal bagaimana kita mengucap syukur dalam segala keadaan.

Cara pandang yang benar sangat menentukan reaksi kita terhadap hidup Misalnya nih saat pacar kita nggak bales sms kita. Kita bisa aja berpikir kalo dia lagi ngapa-ngapain atao dia nggak sayang lagi ama kita. Tapi kalo kita berpikir positif hal demikian nggak akan terjadi. Mungkin kita bisa berpikir bahwa dia sedang sibuk belajar atau ada urusan keluarga atau lagi habis pulsanya. Sehingga kita bisa tetap sabar dan nggak membuang energy kita untuk curiga ama orang lain dan bersungut-sungut. Dan kita mungkin akan temukan solusi yang lebih baik kaya telepon hp nya atau rumahnya atau sabar dan mengingatkannya lain kali. Kebukti kan gimana cara pandang yang beda tentu bakal kasi hasil yang beda juga.

Bersikap positif adalah modal yang kuat untuk kita terus bertekun, tetap berusaha, pantang menyerah, hingga akhirnya dapat menemukan solusi dan berhasil. Pribadi positef terpancar dari sikap, perkataan dan rindakan kita. Coba deh liat diri kita, apa kita sudah menjalani hari-hari kita dengan sekaku tersenum, ceria, energik dan penuh semangat dalam beraktivitas ? Klo masi belum berarti kita harus coba buat lebih bae lagi ni buat berpikir positif. Kaya sedikit mengucapkan keluhan-keluhan di hari-hari kita, berterimakasih dan bersyukur pada segala hal,

Apa sih keuntungan dari berpikir positif ? dengan berpikir positf kita bisa menjadikan hidup kita positif lho dan hasilnya tentu akan berbuah positif juga. Contohnya kalo kita ni lagi ngadepin ulangan, terus kita berpikir positif dengan belajar dan ngomong “aku belajar, pasti ulangan ini dapet 100”, pasti kita jadi lebih semangat dan tekun belajar, kita jadi mempersiapkan segala sesuatunya dengan bae. So, hasilnya kemungkinan untuk dapat nilai 100 lebih besar kan. Selain itu dengan berpikir positif kita bisa mengatur emosi kita jadi lebih stabil dan ngak gampang meledak-ledak. Selalulah berpikir bahwa apa yang kamu alami ini adalah bagian dari rencana Tuhan, bahkan saat kamu pikir kamu gagal, siapa tau itu sebenarnya adalah loncatan buat kesuksesan kamu. Dengan berpikir positif saat ada masalah datang, kegagalan datang, kia akan lebih mudah untuk bangkit. Sebab kita merasa bahwa itu bukanlah akhir segalanya.

Contoh orang-orang dalam alkitab yang tetep berpiir ositif meski dia sedang ada dalam penderitaan adalah Yusuf. Meskipun dia dibuang ke sumur, dijadikan budak. Dia nggak mengeluh, dia tetap bekerja dengan baik sehingga di alkitab bahkan dikatakan Yusuf menjadi kepala pelayan yang paling berkuasa setelah Potifar di rumahnya. Meskipun ia dipenjara, Yusuf tetap berkelakuan baik dan bergaul dengan baik dengan orang-orang dipenjara sehingga ia dipercaya. Dan kalian lihat hasilnya, pada akhir hidupnya ia mampu menjadi orang kepercayaan raja. Coba bayangkan klo Yusuf jadi budak terus bersungut-sungut, nggak mo kerja, ya dia bakal jadi budak terus seumur hidup, hidupnya gak akan pernah berubah.

Nah, gimana dengan kamu? Apakah kamu mau untuk menjadi orang yang berhasil dalam hidupnya seperti Yusuf? Janganlah takut untuk gagal, tetaplah berpikir positif dalam menjalani hidupmu. Percayalah klo Tuhan udah menyediakan yang terbaik. Sehingga kemenangan dan segala hal yang baik akan kamu peroleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar