Sabtu, 02 Mei 2009

LDR ???

Long Distance Relationship atau Hubungan jarak jauh mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Kalian mungkin pernah melihatnya, atau bahkan pernah mengalaminya. Pasangan mu mungkin berada di kota lain, daerah lain, atau bahkan di negara lain yang terpisah ribuan mill jauhnya.

LDR itu sebenarnya hampir sama dengan hubungan yang lain. Hanya saja tanpa kehadiran fisik yang mungkindapat mempengaruhi sedikit atau bahkan sama sekali tidak mempengaruhi hubungan kalian.

Mungkin orang banyak menganggap hubungan ini adalah hubungan yang sulit untuk dijalani. Kalaupun kita berani untuk mencobanya, hubungan ini sangat rentan terhadap kehancuran. Walau demikian, LDR tentu saja bisa berjalan sebaik hubungan yang laina apabila kita mau berusaha. Kuncinya mudah, berpikirlah positif dan optimis bahwa hubungan ini dapat dijalani.

Berikut ini ada tips-tips yang sangat berguna buat teman-teman yang sedang menjalani LDR atau apabila nanti suatu saat akan menjalaninya atau boleh juga hanya menambah wawasan kita.

Let’s get started…

  • Define your relationship

Hal pertama yang paling penting yang harus dilakukan adalah mendefinisikan hubungan kalian. Seperti nama hubungan kalian (pacaran, kencan, atau hanya sebatas teman dekat, HTS), tujuan hubungan kalian di masa depan, batas-batas hubungan kalian dan pengaruhnya bagi kalian. Mungkin hal ini pertama kali sulit dilakukan, tetapi hal ini sangat berguna untuk menghindari kesalahpahaman, rasa bingung, khawatir atau tidak nyaman yang mungkin terjadi. Selain itu kalian harus berpikir lagi, apakah hubungan kalian itu memang layak dijalani. LDR itu lebih baik dilakukan apabila kalian memang ingin serius. Kalau hanya asal pacaran saja tanpa tujuan, akan percuma dan malah hanya membuang-buang tenaga, waktu, dan pikiran kalian saja.

  • Connect and communicate

Setelah yakin dengan hubungan kalian, kalian harus berpikir bagaimana cara kalian tetap menjaga kontak dan saling berkomunikasi. Karena dalam hubungan jarak jauh, hanya komunikasi lah yang dapat menjaga hubungan kalian agar tetap terjaga. Diskusikanlah kebutuhan kalian dan batas komunikasi masing-masing. Mungkin apabila satu pihak membutuhkan lebih banyak komunikasi dari yang lain, karena itu buatlah komunikasi kalian sefleksibel mungkin.

Di zaman modern sekarang ini membuat kita memiliki lebih banyak pilihan untuk saling berhubungan. Kalian dapat menelepon, SMS, dan tentunya, internet. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di internet, mulai dari chat (bisa dengan suara dan gambar), e-mail, e-card, mengirimkan foto via email atau saling menulis blog.
Variasikan cara komunikasimu dengannya, supaya kalian tidak merasa cepat bosan.
Tetapi yang penting bagaimanapun kalian berkomunikasi, sadarlah bahwa kalian harus bisa membagi biaya yang dikeluarkan seadil mungkin. Jadi tidak ada pihak yang terbebani.

Problem tersulit yang dimiliki pasangan LDR adalah mereka tidak dapat berbagi hal-hal kecil yang terjadi dalam hidup mereka sehingga cobalah untuk berkomunikasi secara rutin, paling tidak berilah perhatianmu dengan 1 sms saja setiap hari. Komunikasi akan menciptakan a sense of inrelatedness. Sehingga kalian tetap merasa menjadi bagian hidup satu dengan yang lain.

Terkadang komunikasi yang membosankan dapat kalian atasi dengan mengatakan kata-kata yang sedikit romantic atau kata-kata cinta satu sama lain. Sehingga dimanapun kalian berada kalian tetap merasa dikasihi.

  • Keep our believed

Kepercayaan adalah sikap terpenting yang harus dimiliki dalam dalam hubungan jarak jauh. Dengan mengambil komitmen untuk memulai sebuah hubungan, berarti kalian harus percaya bahwa ia tidak akan menghianati kamu. Sebaliknya kamu pun harus menjaga kepercayaan yang telah diberikannya kepadamu. Hargailah dirinya seperti kamu ingin dihargai. Jangan mudah curiga dan menuduh pasangan kalian , hal ini hanya dapat memperburuk hubungan kalian. Namun apabila kamu memperoleh bukti yang cukup bahwa ia menghianati kamu, segera bicarakan dan selesaikan baik-baik.

  • Be happy in yourself

Mungkin LDR akan membuat mu terlalu menyita waktumu untuk bersedih memikirkannya ketimbang dirimu sendiri. Hal ini sebaiknya tidak boleh dibiarkan terjadi. Tidak ada gunanya kalian hanya berfokus pada satu hal dalam hidup. Hidup kalian toh tetap berlanjut masing-masing. Jadi enjoy your life aja, with or without your couple. Bertemanlah ebanyak mungkin, habiskan waktu dengan keluarga dan sahabat kalian, lakukanlah hobi yang anda suka. Kalian harus bisa temukan kebahagian di dalam diri kalian sendiri dan tidak hanya tergantung pada yang lain. Apabila kalian bahagia, tentu saja pasangan kalian pun akan bahagia. Sehingga kalian masing-masing bebas dari rasa cemas karena memikirkan yang lain.

Selain itu ada keuntungan LDR yang tidak akan kalian dapat di dalam jenis hubungan yang lain, yaitu kalian tetap dapat mempertahankan individualitas masing-masing. Kalian tetap dapat menjadi diri kalian sendiri yang tidak tergantung satu dengan yang lain, mandiri, dan tetap berbahagia dengan hidup kalian masing-masing.

  • Have hope to our future

Milikilahlah harapan untuk masa depan kalian. Bahkan bicarakanlah hal ini, karena hal ini dapat menjadi motivasi anda untuk tetap melangkah maju. Saling mendukunglah terhadap cita-cita dan harapan kalian. Sehingga hubungan ini memiliki arah untuk kemajuan dan tidak hanya sembarangan saja.

  • Plan for the times together

Rencanakanlah waktu untuk kalian bertemu beberapa kali paling tidak 6 bulan sekali untuk bertemu satu sama lain. Mungkin kalian bisa saling mengunjungi dan menghabiskan waktu bersama saat memungkinkan. Karena waktu-waktu ini amat jarang dan begitu berharga, lakukanlah hal-hal yang anda rasa penting, bicara dan mengobrolah dengannya atau lakukan hobi atau aktivitas kalian bersama.

Ya, diataslah adalah sedikit tips agar hubungan LDR kalian tetap berlanjut. Mungkin tinggal terpsah dengan orang yang kalian sayangi tetaplah sulit. Tidak ada yang dapat mengantikan kehadiran orang itu. Namun satu hal yang pasti kalian bisa tetap saling menyayangi satu sama lain, tetap berbahagia dengan hidup kalian masing-masing . Jangan terlalu pusingkan jarak diantara kalian. Hubungan jarak jauh memang menawarkan suatu tantangan tersendiri. Sesulit apapun kata orang, LDR tetap saja mungkin dan dapat berhasil. Tanamkan saja di benak kalian, sulit tidak berarti tak mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar